Gunadarma: Wawancara

Sejujurnya saya gagal wawancara. Sebelum membaca ini.. baca yang sebelumnya ya atau curhatan saya. salah satu curhat saya menyebutkan.. kalau anda lulusan gundar, maka biaya yang diberikan pada anda (mahasiswa S2) dipotong. kalau ngak salah bila lulusan terbaik (nilai bagus) ada potongan lagi.

singkatnya anda harus melewati ini dahulu sebelum lanjut dan disetujui kuliah S2. Tetapi saya agak lupa kalau setelah daftar harus bayar uang masuk dulu pada tulisan sebelumya. Namun ngak usah takut kalau salah jawab! karena memang tidak ada jawaban yang benar! semuanya salah kok!!

gimana enggak salah… saya panik jawabnya dan lupa nama dosennya

stepnya setelah berhasil daftar adalah diwawancara dan ditanya motivasi, keinginan dan kebutuhan. motivasi itu penting untuk tahu apakah anda cocok lanjut S2 atau tidak. dan sekedar menjadi masukan saat proses anda di S2.

Anda akan masuk bilik dan disana coba bersikap sopan. Sebut nama dan jelaskan dengan tenang. Dosennya tidak mengigit kok .. dia hanya bertanya

menggigitnya nanti kalau udah jadi dosenmu

sebenarnya tulisan ini bukan tulisan major yang wajib anda baca. Tetapi setidaknya anda tahu yang akan dihadapi. Ini perlu mental yang kuat dan berani untuk menjawab. Mental kita memang kuat!! menghadapi DP (Dosen pembimbing dan Penguji) aja mampu. Ngobrol ama bos, client dan lain-lain bisa. Masa ngak kuat!

Well tidak semua mampu kalau di depan Dosen S3 yang mewawancarai kita! mereka auranya beda lho. karena kadang kita berhadapan ama yang pola pikirannya setara atau dibawah kita. Jadi mungkin bisa.

Intinya adalah jangan takut, berikan jawaban yang sebaik-baiknya. Berikutnya adalah ujian komputer yang menunjukkan kompentensi dirimu. Dan juga ini masalah pengujian pengetahuan umum saja.

Wawancara dan test pengetahuan umum ini dilakukan pada hari Sabtu. dan pastikan kamu ada waktu. Posisi wawancara saat saya ada di Salemba (belakang) bukan gedung depan lho. Biar tahu aja.. kalau gedung di salemba ada 3 kompleks yaitu didepan (kita lihat di jalan), belakang (tidak tingkat) dan agak belakang lagi (2 tingkat). Jadi biar nanti kedepannya kalau sudah masuk tidak kaget ketemu dapat gedung beda tetapi masih di salemba.

Kesimpulan

proses wawancara dan ujian ini masih step awal. Tetapi kamu gak usah takut!! saat bayar sebenarnya automatis kamu udah sebagai mahasiswa. tetapi prosesnya masih panjang (sedikit). akhir kata selamat menjadi mahasiswa S2.

Ada 2 step lagi yang akan saya gabung saja…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s