Manajemen Validasi Informasi

pikiran hari ini Manajemen Validasi Informasi

gf1

sebagai seorang pemula dalam PHP … agar dirasa mampu membuat sebuah prog php sederhana.. maka program yg pertama dibuat adalah… CRUD.. program CRUD termudah adalah buku telepon dengan field :
nama, telepon dan hutang
*jgn terlalu serius..

berlanjut dengan banyaknya data yang masuk.. kita tak langsung memasukkan nama/telpon yang sebenarnya kita hanya butuh sekali saja.. contoh Gojek yang nganter barang kita.. dia nyasar dan butuh di arahkan !

step berikutnya dari pembuatan program CRUD adalah validasi informasi apakah informasi yang masuk valid atau tidak.. seperti kita ketahui (kalau ngak tahu disini kita belajar) … data setelah melalui proses akan jadi informasi.. namun informasi yang masuk tidak selalu 100% valid..

contoh adalah
berita alien luar angkasa memukul pesawat tempur pemerintahan. setelah itu berantem melawan Ultraman. tidak ada tanda-tanda korban pada pesawat karena pesawat hancur
dari sini kita dapat berita pesawat hancur dan pilot tewas => hal ini didasari pesawat sangat rusak dan sulit dijelaskan dgn kata2 sehingga pilot di duga tewas (ngak mungkin hidup pilotnya kecuali si pilot berubah jadi Ultraman)..
pada step ini.. data kecelakaan berubah jadi informasi.. tp apakah 100% valid??
ternyata pilot bersangkutan masih hidup dan mendapat tugas menjaga perdamaian dunia.. walau kembali lagi bikin sensasi merusak..
nb: pilot tersebut Dan Moroboshi..

inti dari tulisan ini adalah.. ketika data sudah beranjak banyak .. sebuah validasi diperlukan untuk memastikan informasi yg masuk memang valid untuk waktu yang panjang..

pertanyaan.. sudahkan kita memberikan validasi informasi yang tepat?
dan pertanyaan ini sudah terjawab saat kita membuat sistem ERP

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.