Untuk membaca detail lainnya pendaftaran S2 , klik link berikut! Sebelumnya saya Terima kasih telah masuk ke blog saya untuk membaca tentang cara mendaftar di S2.
Logo_Gundar
Senin (3 Agustus 2015) ini, setelah melewati kemacetan dan polisi (Pak, tolong jangan di tilang. Saya patuh lalu lintas lho). Sampailah di Kampus Gundar Margonda. Loket buka pada pukul 9-15 (kayaknya lebih tetapi ada bagusnya jangan sampai jam 3). Didalam udah banyak orang ngantri, ternyata pada daftar baru.

Setelah bertanya dimana saya mendaftar, maka ditunjuk gedung 2!! Berangkatlah saya kesana untuk mendaftar. Saya berbagi info ini agar nanti yang memiliki ide yang sama akan terbantu dalam prosesnya.

Sebelum lanjut … bila anda mengklik ini, ada 3 kemungkinan..

  1. anda salah klik
  2. anda butuh info tentang S2 tetapi dari Gunadarma tidak bisa di akses
  3. anda penasaran dengan link ini.

bila jawaban anda yang kedua.. tolong info staff gundarma saat anda lapor.. bilang alau servernya bermasalah..

Pertama saya mendapatkan ada 3 pilihan yang nantinya akan terbagi-bagi tergantung dari Magister. Yaitu :

  1. magister Manajemen, SI, dan Elektro. Biayanya 60juta
  2. Magister Sastra, psikologi, sipil, mesin. Biaya 54juta
  3. magister psikologi + Profesi. 60juta..

Saya memilih no 1 (SI),dengan perincian

  • daftar : 500 ribu
  • matrikulasi : @750 ribu (max 6 mata kuliah) = 4.5 juta
  • BPP (4 semester) : 54 juta
  • wisuda dan ijazah : 1 Juta

Tetapi tulisan ini belum selesai, karena total di atas adalah total dari masuk-keluar dengan jalur normal, maksudnya 3 tahun (4 semester)kelar, termasuk wisuda dan ijazah! Anyway. ada 3 tipe cara masuk yaitu

  1. Reguler (full)
  2. Alumni/ Dosen tidak tetap UG
  3. Beasiswa Alumni

Kebetulan saya masuk yg no 2!! dan saya mendapat diskon

  • daftar : 500 ribu (tanpa potongan)
  • matrikulasi : 0 (potongan 100%)
  • BPP (4 semester) : 27 juta (potongan 50%)
  • wisuda dan ijazah : 1 Juta (tanpa potongan)

Bila masuk ke no 3.. maka BPP potongannya sampai 66%. Kesimpulan biaya yang harus dibayar 28.5 juta!! Tetapi pembayaran pertama yang harus saya bayar bukan total 28!! tetapi 7 juta++. karena

  • daftar: 500rb
  • BPP: 27juta/4=6.75

Beberapa ketentuan:

  • biaya di atas buat 3-4 semester
  • dapat di cicil persemester
  • ada biaya keterlambatan perbulan .. 2 bulan lewat harus urus cuti akademik
  • tidak daftar ulang / urus cuti.. kena biaya BPP (2jt)
  • biaya pendidikan semester 5-selesai 2juta persemester
  • biaya cuti akademik 500ribuu
  • masa studi magister psikologi 5 semester!!

Sebagai alumni dan mendaftar S2, saat ini harus menyiapkan:

  1. transkrip nillai (legalisir)
  2. Ijazah (legalisir)
  3. Foto (warna)
    • 3 x 2
    • 3 x 4
    • 4 x 6
  4. Fotokopi KTP
  5. surat rekomendasi dari kampus. Karena saya tidak bekerja dan ini akan diberikan setelah pembayaran Blanko.

Semoga catatan saya berguna bila ada yang berniat lanjut juga

Advertisements

117 thoughts on “Pendaftaran S2 Gunadarma

            1. setahu saya test toefl itu ketika sudah masuk.. kita dikasi sekitar 2 minggu buat belajar bahasa inggris.. buat S2 Non-jurusan bahasa Inggris kayaknya tidak masalah.. tetapi yang Jurusan Bahasa Inggris harus 500.. sampai saat ini saya tidak tahu berapa nilai saya

              Like

      1. sama seperti s2 lainnya.. saya estimasi maret/april. tp saya sarankan sekarang saja (januari).. bisa saja februari akhir tutup

        Like

    1. semua ada tesnya.. gk peduli alumni gundar / bukan..
      saat ini s2 adanya kelas malam… jgn takut.. walau malam.. di salemba gk sepi2 amat kok jalannya

      Like

    1. kalau saat ini masih jalan.. kemungkinan september baru ada jadwal baru..
      awal masuk test dan wawancara.. beberapa minggu/ 1 bulan… baru deh masuk martikulasi / toefl

      Like

            1. iya.. kamu sudah daftar?
              sudah wawancara?
              wawancara itu sebelum toefl lalu baru martikulasi (gk bs disebut belajar)
              setelah martikulasi baru bener2 belajar

              Like

              1. Iya saya sudah daftar dan mulai masuk tgl 29 feb. Hmm berarti tgl 29 itu kemungkinan besar persiapan toefl yaa. Selama persiapan toefl itu kampusnya di salemba terus kah?

                Like

                1. ya.. kampusnya di Salemba..
                  ketika Martikulasi kyknya disana juga.. ada beberapa yg di Kenari. Ada bagusnya kamu tahu dimana Gundar Kenari berada.

                  Like

                  1. Oke saya sudah tau kampus kenari. Persiapan toefl full dari senin-jumat gak? Untuk wanita apa wajib pake rok atau boleh celana? Kalo kemeja harus formal atau boleh yg non formal?

                    Like

                    1. yg rapi aja.. asal jgn pake sendal jepit.
                      selama toefl.. jgn serius buat bahasa inggris..
                      dosen yg toefl malah cerita2 ttg pergi ke luar negeri lho..

                      Like

    1. kl saya pas daftar september lalu masuk pas akhir bulan.. kl daftar januari.. 29 kemungkinan wawancara dan bener2 kuliah sekitar juni-juli..

      sebelum itu ada toefl dan martikulasi

      Like

    1. kelas martikulasi itu adalah kelas untuk menyamakan persepsi dalam kegiatan belajar.. hanya ambil 1/2 semester aja kok.. untuk kelas baru

      Like

  1. Hallo admin, kebetulan ketemu artikel ini, krn di web magister gundar sy ga ketemu rincian biaya s2 untuk jurusan SI…
    Yg ingin sy tnykan, brrti biaya kuliah persemester untk mhsw reg sekitar 13jt-an ya? (Krn sy bkn lulusan gundar)
    Sama satu lg, sy minat bgt buat ambil MMSI digundar, adakah kontak (email) yg bs sy hubungi untuk bertanya?
    Tks respon nya

    Like

      1. silakan bertanya ke Margonda.. saya buka dapur aja.. mereka sibuk banget sampai gk bisa 100% jawab email masuk..
        mereka juga manusia /// yang kecapean dalam kerjaan mereka

        Like

    1. untuk awalnya saya ngak tahu.. tp kl saya dan teman.. untuk saya dari gundar (6,7) dan teman yg non-gundam (9)… namun ini mungkin harga berbeda untuk jurusan lain (jurusan saya informasi)

      Like

  2. hari apa aja gan ruang pendaftaran s2 bukanya, kira” sabtu buka ga ya? ruangannya samping loket um ya gan?

    mau daftar di semester berikutnya gan.

    Like

    1. saya sarankan jgn sabtu
      bukan gdung UM

      sebelah gedung yg paling tinggi.. sebelahnya ada gedung untuk ambil berkas.. lt 2.. kl gk ada perubahan

      Like

  3. Gan biaya psikologi klinis tau persemesternya brp?
    Dan sampe lulus jd kira2 brp?
    Diweb bagian info regis yg ane liat untuk MM biayanya sampe lulus skitaran 33jt an. Mungkin psikologi ga beda2 jauh ya tp versi agan 54jtan. Yg di web blm di update ya?

    Like

    1. untuk harga saya lihat dari buku pegangan (tahun lalu).. sekitar 40an.. namun harga aslinya saya tidak tahu karena bisa saja ada perubahan dari gunadarma.. jadi bisa dibilang kemungkinan 40an.. tetapi tidak menutup kemungkinan lebih kecil/tinggi

      untuk waktunya disarankan jam kerja.. kalau Sabtu.. takut gk ada yg bisa ditemui.. namun ada bagusnya telp dahulu agar pasti ada orang disana hari Sabtu
      *bukan staff Gundar*

      Like

      1. klo surat rekomendasi itu wajib ya gan? klo yang blm kerja rekomen dr dosen aja dan yg udh kerja hrs duaduanya yaa? thx before

        Like

        1. gk wajib2 amat..
          buktinya saya malah gk bikin krn bingung dosennya mana.. kl kusarankan ambil salah satu.. kl udah kerja yah dari tempat kerja.. kl ngak kerja yah dari dosen.. kl keduanya.. ambil yg paling mudah

          Like

          1. okey gan. masalahnya di tempat ane nih kayaknya rada susah perijinannya klo mau kuliah lg gan jd agak males klo bilang (sesat kan wkwk), sisa kontrak ane masih 2 taon pula wkwkk klo nunggu kelar kontrak takut keburu umur (25th). karena ane passion di hrd tp background ga mendukung makanya curi2 waktu senggang sebisa mungkin nyambil kuliah. Maaf jd curhat hahaa.
            kalo cuti maksimal brp kali ngambil gan? dan brp persenya biaya semesteran yg hrs disetorin? hohoo buat jaga2 klo disuruh cuti tiba2. hhee

            Like

  4. Kak. Mau tanya nih.
    untuk tes toefl itu dilakukan setelah kita dinyatakan sebagai mahasiswa s2 ya kak ??
    atau itu belum dinyatakan mahasiswa s2 ??

    Like

        1. seingat saya dilakukan pagi. untuk waktu ujian utama harus menunggu jadwal yang jelas
          ..
          saya kira pertanyaannya ujian untuk test mahasiswa yang baru masuk?!?

          Like

  5. kak, mau nanya untuk s2 psikologi itu perdaftarnnya smpai kpan ya kk? terus persyaratannya sama gk dng s2 dari jurusan lain?
    mkasi ya kak…

    Like

    1. untuk kita yang kuliah (sudah masuk).. senin-jumat libur.. tetapi biasanya pada senin-jumat ada mahasiswa/i baru yang masuk? sepengetahuanku begitu

      Like

  6. Di gunadarma , magister profesi psikologi nya buka berapa kali ya periode penerimaaan mahasiswa baru? 1x setahun atau ada 2x setahun?
    Dan kampusnya dimana, jadwal kuliah nya ada yang sabtu minggu atau malem gak?

    Like

    1. kyknya 1x krn sedikit yg mencari
      kampus daftarnya saya sarankan ke margonda
      ntar ngampusnya antara salemba dan kenari
      jadwal adanya pas malam aja.. sabtu/minggu gk ada

      Like

  7. Kak.regis s2 psi kpn terakhir kak thn ini? Kl sdh tutup kpn lg ada dibuka wkt pndftrannya kak? Biaya alumni beasiswa gundar brp ya range nya?
    Thanks

    Like

  8. Kak, mau tanya saat ini apakah betul S2 jur.SI sedang ujian utama? kalau boleh tau ujian utama nya sampai kapan ya selesainya?
    Thanx

    Like

    1. pengetahuan kamu ttg apa yang akan kamu masuki
      kl kk ditanya ttg apa itu sistem informasi .. apapun jawabanmu.. pasti salah?
      why?
      krn ada 2 tipe jawaban.. jawaban sebagai seorang praktisi (anak kuliah) sama orang yg sudah turun ke lapangan..
      trus benernya yg mana? nah itulah alasan kenapa masuk S2
      bahkan jawab di antara keduanya juga sama… krn ilmu itu bukan sekedar hitam-putih.. tp ada area abu2

      Like

    1. Maksudnya ulang tahun depan kak ? Jadi ga bisa keterima jadi mahasiswa ya kak. Jadi baru bisa masuk kuliah setelah TOEFL berhasil ya kak maksudnya.

      Like

  9. Ka untuk daftar masih bisa ngga ya? Aku baru lulus tahun ini dan kemaren baru wisuda.. Ambil jurusan SI di gunadarma dan niat mau lanjut informasi juga.. Thanks

    Like

    1. tidak
      kl udah lulus gundar.. kamu daftar aja.. trus pastikan dapet surat rekomendasi
      kyknya kl dr gundar yg dapet diskon
      kl 3.6 kemungkinan bs 66%

      Like

  10. Bro mau nanya nih. 1.) kan katanya beasiswa 66% tadi pas briefing di kenari dan pas sesi akhir pak dosen bilang kalau 19juta nya itu mencangkup 38 SKS padahal keseluruhan S2 44 SKS berarti kan ada 6 SKS yang kurang bayar, nah itu biaya SKS nya berapa ya? 2.) Waktu setelah wawancara kan Toefl Preparation 3 minggu trus martikulasi wajib 3 minggu, nah setelah itu kan nunggu kuliah juni/juli dan waktu senggang setelah martikulasi itu diisi ujian atau apa gitu?…. maaf ya gw nanya disini tadi dapet kesempatan nanya nya dikit hehe… ditunggu jawabannya mas gundam

    Like

    1. 1) untuk detailnya 66% itu mungkin keseluruhan atau hanya pada uang pelajaran saja.
      6 SKS kemungkinan adalah pas pengajuan sidang dan pembuatan tesis.. saya juga belum kupas karena bukan orang dalam.
      2) sy gk yakin ada waktu nunggu. kadang kita khan suka telat daftarnya.. intinya seh ada jadwal kapan toefl dan martikulasi..
      jd gk ada waktu nunggu sebenarnya kl pas mepet waktunya… kuliah yg saya dapatkan mulai september bukan juni/juli..
      waktu senggang setelah martikulasi? kayaknya gk ada.. langsung masuk kuliah.. waktunya khan pas banget.. tp mungkin ada perubahan waktu.
      biasanya kl ada waktu senggang… yah kita biasa pakai buat jalan2 sebelum stress memulai kuliah .. hehehe

      Like

      1. oh jadi gitu ya bro, iya soalnya saya dibatasi penyerahan berkas 28 november nanti, katanya perkuliahan dimulai febuary ya.. tapi kok itu september ya berarti september 2017 baru mulai bener2 kuliahnya dong? iya gunadarma kan jadwalnya longkap2 apalagi S1nya jadi nga berasa ada senggangnya (UTS 5 matkul berjangka sampai sebulan, wkwk pengalaman )

        Like

  11. kak, kapan pendaftaran dibuka lagi ya? saya kebetulan dari luar daerah dan mau mendaftar di gunadarma untuk s2 nya. maksudnya supaya ga bolak balik kak. mohon infonya ya kak kapan saya bisa melakukan pendaftaran. terimakasih kk ^^

    Like

    1. coba februari udah siap2 berkasnya.. saat ini saya sudah masuk kuliah … udah hampir 1 mau jalan 2 bulan kuliah.. yah kira2 4 bulan lagi udah ajaran baru

      Like

  12. salam kenal mas Gundambison. terus terang dari sebulan yang lalu saya kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai S2 Profesi Psikologi Universitas Gunadarma. karena di websitenya info tidak lengkap dan harus menggunakan password dll, saya telpon tetapi tidak diangkat2, sudah email juga tetapi malah recipient failed permanently. Ada beberapa pertanyaan yang sangat saya butuhkan mas. (1) apakah uang perkuliahan S2 Profesi psikologi untuk tahun 2017 ini masih sama dengan info di blog ini? mohon informasi rinciannya (dari awal mendaftar, semester 1 sd lulus). (2) karena kebetulan saya bekerja, bagaimana perkuliahan malamnya? apakah setiap malam dari senin-jum’at? atau bagaimana mas? (3) apakah persyaratannya masih sama mas dengan redaksi yang ada di blog ini? (4) pendaftran di Januari ini sudah mulai belum ya? . mohon maaf pertanyaannya terlalu banyak, terimakasih sebelumnya ya untuk infonya. ditunggu ya mas Gundam untuk jawabannya.

    Liked by 1 person

    1. (1) s1 kamu psikologi? kl iya.. bisa lanjut untuk profesi
      profesi : 60 jt
      non profesi: 54
      (2) setiap malam dari senin-jum’at
      (3) iya
      (4)sudah mulai.. cepat.. berakhir februari

      Like

  13. Bro, mau nanya nih.
    (1)Untuk pendaftaran s2 psikologi (non-profesi) itu setahun 2x apa cuma sekali ya ? Di website gundar ditulis “Penerimaan mahasiswa baru Program Magister Psikologi dilakukan tiap awal tahun ajaran akademik yaitu bulan Agustus.“
    Saya baca2 komentar diatas, ada pendaftaran bulan januari(?).
    (2)IPK minimal buat ambil s2 di gunadarma itu harus 3.00 ya ?

    Thank’s

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s